Mengamati Politik: Marissa Haque Fawzi

Mengamati Politik: Marissa Haque Fawzi
Mengamati Politik: Marissa Haque Fawzi

Hatta Rajasa & Tjatur Sapto Edy, Kader PAN, Bersama No. 8 Progress Selalu

Hatta Rajasa & Tjatur Sapto Edy, Kader PAN, Bersama No. 8 Progress Selalu
Hatta Rajasa & Tjatur Sapto Edy, Kader PAN, Bersama No. 8 Progress Selalu (dlm Desy Ratnasari, MSi, DR. Marissa Haque, Ahmad. Z. Ikang Fawzi, MBA)

Senin, 29 Agustus 2011

Wadduuuh...Saya Diberitakan Pindah ke PAN: Marissa Haque Fawzi

ci
PS: Alhamdulillah saya senang-senang saja dengan berita positif ini...subhanallah...


Marissa Haque Akan Pidah ke PAN?

ARTIS cantik yang menjadi politisi, Marissa Haque, mengisyaratkan dirinya makin dekat ke Partai Amanat Nasional (PAN). Hal itu terlihat saat isteri Ikang fazwzy ini melakukan silaturahmi ke pendopo keluarga besar pendiri PAN, Amien Rais, di Yogyakarta, Jumat pekan lalu.

"Di sana saya diterima anak menantu Pak Amien Rais, istri dari Hanafi Rais beserta Ibu dan anak-anaknya. Juga Hanum Rais, putri Pak Amien, yang memiliki hobi sama dengan saya, yakni menulis," kata Icha, sapaan akrab Marissa, kepada wartawan, Rabu (24/8/2011).

Ketika disinggung apakah kunjungannya itu sebagai sinyal bergabungnya dia ke PAN, mantan politis PDI Perjuangan dan PPP ini belum mau memastikan. Baginya, dirinya lebih menekankan untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar Amien Rais.

"Yang jelas saya merasa cocok dan ingin terus melanjutkan silaturahim demi kemajuan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami ingin melihat Mas Hanafi Amin Rais menjadi Walikota Yogyakarta 2011. Sebab, Mas Hanafi dan juga Prof. Amien Rais sangat mendukung keberadaan Baitul Maal Wa Tamwil (lembaga pemberdayaan eknomi mikro) seperti apa yang telah saya dapatkan dari hasil penelitian MBA ku,” tutur mantan Anggota Fraksi PDIP DPR RI ini.

Marissa Haque juga baru saja menyelesaikan studi ekonominya pada Kamis (18/8) lalu dan berhasil lulus dengan nilai "A" dari Fakultas Ekonomi Bisnis UGM.  Dia lebih memilih meletakkan fokus pada ekonomi mikro syariah berbasis kepada semangat Prof Mubyarto.

Biografi
Marissa Grace Haque atau Marissa Haque yang lahir di Balikpapan, 15 Oktober 1962, semula dikenal sebagai aktris film. Selanjutnya, istri penyanyi rock sekaligus pengusaha, Ikang Fawzi ini, melebarkan sayap menjadi seorang sutradara, produser film dan politikus.

Sebagai politikus, karier politik ibu dari Isabella Muliawati Fawzi (19) dan Marsha Chikita Fawzi (18) ini, diawali dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang kemudian mengantarkan dirinya menjadi anggota DPR-RI (2004).

Akibat konflik yang dilatarbelakangi soal pencalonan dirinya sebagai wakil gubernur Banten, mendampingi Zulkiflimansyah kandidat gubernur yang diangkat oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Syarikat Islam (PSI), Marissa akhirnya dipecat dari senayan oleh partainya.

Marissa Haque mengikuti Ayahnya yang merupakan karyawan PT. Pertamina, mulai bersekolah pada pendidikan TK dan SD Nasional di Palembang, Sumatra Selatan. Mengikuti kepindahan orangtuanya ke Jakarta, pada SD Tebet Timur Pagi III, SMP Negeri 73 Tebet, lalu dilanjutkan di SMA Negeri 8, Bukitduri, Jaksel sebagai sekolah menengah atas terbaik/unggulan negeri se-Indonesia. Mengikuti pendidikan sarjana (S1) pada Universitas Trisakti (Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat) Jakarta pada jurusan Hukum Perdata lulus pada tahun 1988. Mengikuti pendidikan program Magister in Humaniora (S2) di Universitas Katolik Atmajaya pada Fakultas Linguistik Terapan Bahasa Inggris jurusan Psicho-linguistics dengan keahlian utama pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak tuna-rungu. Pada tahun 2004 menjadai Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dan pada tahun 2006 menjadi kandidat Wakil Gubernur Banten.

Berbagai prestasi dan profesi telah diraih sejak tahun 1981. Mulai dari Pemenang Piala Citra sebagai Aktris Pembantu Wanita Terbaik pada FFI 1985 di Bandung dalam fil berjudul "Tinggal Landas Buat Kekasih" arahan Sutradara Sophan Sophiaan (alm) dimana penulis bertemu dengan suaminya saat ini Ikang Fawzi sebagai sesama aktor dan aktris pendukung, dan Best Actress pada FFAP/Asia Pacific Film Festival ke 62 di Taipei, Taiwan dalam Film berjudul "Matahari Matahari" arahan sutradar Arifin. C. Noor (alm). Diluar itu penulis juga terlibat sebagai pemain drama TV, model iklan, spoke person berbagai produk iklan, dan berbagai posisi profesional secara luas dalam bidang pendidikan kesejahteraan perempuan terkait ekonomi kecil dan mikro (UKM dan UMKM), kesehatan, serta pendidikan anak usia dini (PAUD).

Bersama sang suami penulis juga memiliki usaha dibidang rumah produksi PT. SAI Films (Saya Anak Indoensia) yang membuat film layar lebar, film dokumenter, iklan TV, iklan penyuluhan, dan lain sebagainya. Penulispun masih sempat sangat aktif berorganisasi di: (1) MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi; (2) KAHMI (Korps Alumni Mahasiswa Islam Indonesia sebagai Wakil Ketua Bidang Kesenian; (3) LAKMIS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah) sebagai Ketua Bidang dari PPP Partai yang sekarang; dan (4) ASAHI (Asosiasi Auditor Hukum Indonesia) sebagai Ketua Bidang Komunikasi dari FH-UGM.

Menikah dengan Ikang Fawzi (Ahmad Zulfikar Fawzi), yang juga bersama kuliah pada pada fakultas dan jurusan Strategic Management di FEB (Fakultas Ekonomi-Bisnis), UGM. memiliki dua anak putri, yang pertama bernama Isabella Fawzi (Bella) lulus dari Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Inggris UI (Universitas Indonesia) dan kini meneruskan pada FISIP-UI jurusan Komunikasi, serta putri kedua bernama Marsha Chikita Fawzi (Kiki) masih kuliah di MMU (Malaysian Multimedia University), Malaysia pada Creative Multimedia Faculty jurusan Film Animation dengan spesialisasi Film Animation dan merupakan salah seorang animator serial TV produksi Malaysia Lez Copaque berjudul Upin dan Ipin.

Marissa melanjutkan pendidikan pada Program Doktor di PSL-IPB (Pusat Studi Lingkungan-Institut Pertanian Bogor) sejak 2006 sampai dengan akhir 2008 dan masih kuliah di Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum UGM Jurusan Business Law pada 2011 ini. (*/RM/Kpl)

Sumber: http://www.jakartapress.com/detail/read/3843/marissa-haque-akan-pidah-ke-pan

Bersama DPW PAN Bengkulu Feb 2013, Mungkin Insya Allah Menjadi Dapilku Kelak

Bersama DPW PAN Bengkulu Feb 2013, Mungkin Insya Allah Menjadi Dapilku Kelak
Bersama DPW PAN Bengkulu Feb 2013, Mungkin Insya Allah Menjadi Dapilku Kelak (dlm Marissa Haque Ikang Fawzi).jpg